Photoshop Thingy >,< (Paket Komplit)

YooHoo!!!

Annyeong haseyo, semuanya!! Liburan sudah hampir usai u,u Sedih harus balik ke sekolah lagi .___. Pengennya sih liburan aja terus😀

Nah, bisa baca judul di atas kan? Kali ini aku mau bahas tentang Photoshop dan pernak-perniknya. Photoshop itu populer buat edit foto, edit poster fanfic, atau banner misalnya. Buat pemula-pemula (kayak aku) pasti kadang –atau sering– ngiri sama editan senior yang udah bagus-bagus. Yang editannya udah “ndewa” gitu loo. Sering ga sih mikir, “gimana ya?”, “kok bisa?”, “kayaknya susah deh”, “pengen bikin kayak gitu!” Pasti sering kan ya?? Jadi aku mau cerita aja, perjalanan selama hampir 2 tahun kenal sama Photoshop.

Waktu awal kenal itu, punya Photoshop aja enggak, jadi aku harus donlot dulu. Emang sih Photoshop itu harus beli, tapi sekarang cara ilegal kan banyak, cari yang gratis juga ada kok😀 Sampe sekarang aku pake CS5. Awalnya kagok, ga ngerti, tapi trus aku baca banyak tutorial. Dulu sih buka tutorial di blog langganan. Tapi semuanya berubah setelah aku ga pegang Photoshop lagi. Lupa dulu baca tutorial dimana, PS ke-uninstal, dan terpaksa mulai dari awal lapi.

Akhir-akhir ini, udah lama juga sih, aku demen banget browsing di asianfanfics. Setelah tahu lebih deket, di AFF banyak banget graphics shop, graphic review, tutorial, pokoknya macem-macem deh. Lalu aku mulai cari segala hal yang berhubungan dengan PS di AFF.

Kesimpulannya, AFF itu PAKET KOMPLIT.

Mau baca fanfic, banyak. Mau cari tutorial, tinggal pilih. Mau liat karya buat inspirasi, tinggal cari.

Yang pasti, tutorialnya membangun, macem-macem, dan mudah dimengerti. Juga banyak tutorial yang lebih mendalam yang ga aku temuin di blog-blog Indonesia. Contohnya nyari tutorial bikin gif, ga cuma nemu satu, tapi banyak, beda-beda, dan bervariasi. Tiap hari aku nge-cek tempat yang berbeda buat nyari tutorial baru. Atau kadang aku iseng liat graphics contest dan liat karya-karya yang dilombakan. Meski aku bukan Pro, tapi kadang kalo liat editan yang biasa aja, aku bener-bener ngerasa kalo yang bikin itu ga niat, dan hasilnya jelek banget .___.

Yang ga bisa dipisahkan dari Photoshop, tentu saja pelengkapnya. Contohnya, PNG, PSD, Action, Brush, Font, Texture, Pattern, Color Palette, SwatchStyle, Gradient, dan lain-lain. Atau jangan-jangan beberapa dari kalian ga tau yang aku sebutin tadi? Hehe ^^ Jadi, di AFF itu bikin pengetahuan aku luas. Kadang emang ada yang postingannya random, cuma iseng bikin editan, tapi hasilnya baguuuuuus banget.

Kalo mau cari tutorial di AFF, ada baiknya bikin akun dulu. Soalnya kalian bisa “subscribe” cerita tertentu (dalam kasus ini, bukan fanfic, tapi yg berhubungan dengan grafik) Nah, setiap ada update yang baru, nanti ada notifikasinya, jadi ga bakal ketinggalan. Kadang juga ada yang bikin mode “subscriber only” Jadi kalo ga subscribe ga bakal bisa liat. Biasanya juga, kalo ambil resources (pernak-pernik, pelengkap) kalian harus komen. Soalnya kan ga sopan ambil karya orang tapi ga ngomong dulu. Sekedar nulis “taking the texture, thanks :D” gitu aja ga papa kok.

Kalo udah ngerasa editannya bagus, boleh tuh nyari graphic shop. Graphic shop itu tempat buat request hal-hal yang berhubungan dengan grafik, kebanyakan sih ya request poster buat fanfic. Cari yang ada tulisan “Hiring staff/designer/etc” artinya lagi nyari staff atau pengedit (?) lagi. Kalo mau join boleh-boleh aja, ga salah kan membantu orang lain mempercantik fanficnya dengan poster yang bagus?

Yang pasti, kalo mau mengembangkan kemampuan, harus rajin dan sabar belajar. Jangan lupa cari tutorial dimana-mana. Jangan cuma terpaku sama tutorial satu orang aja. Harus berpikiran terbuka dan tetep rendah hati. Jangan ngerasa editannya paling bagus. Banyak tanya dan sharing sesama pemula Photoshop (sama aku misalnya)

Sekian, cerita aku. Semoga membantu semuanya😀

Annyeong!! Ppyong~

4 thoughts on “Photoshop Thingy >,< (Paket Komplit)

  1. Cara jadi subscribers di sebuah FF gimana ne?? Aku lagi suka gentayangan disana…tapi masih asing ama dunia disana😮

    • Kalo kamu buka FFnya, perhatiin daftar chapternya di sebelah kiri, sebelum chap 1 ada FOREWORD kan? di klik di FOREWORD itu trus nanti dibawah judul ada gambar hati sama tulisan SUBSCRIBE, di klik aja disitu😀

Leave a Reply

